DPKP Laksanakan Vaksinasi Hog Cholera Pada Ternak Babi

Vaksinasi Hog Cholera pada ternak babi yang dilaksanakan oleh penyuluh pertanian/peternakan Dinas Pertanian Kelautan dan Perikanan Kota Manado, dilaksanakan pada 3 (tiga) Kecamatan yaitu Kecamatan Malalayang, Kecamatan Wanea, Kecamatan Mapanget. Pada tanggal 18 Juli sampai 4 Agustus 2018.

kegiatan ini dilakukan dengan tujuan untuk mencegah penyakit yang disebabkan oleh virus yang menular pada babi secara akut, yang ditandai demam tinggi, pendarahan umum dan nekrosa dalam badan dan saluran pencernaan dengan morbilitas dan morbalitas tinggi.

Hewan yang rentan terhadap penyakit ini  adalah babi. Penularan penyakit ada 2 cara yaitu: 1). Kontak langsung Babi yang sakit ke babi yang sehat.  2). Kontak tidak langsung: lewat makanan yang tercemar sekreta dan alat yang tercemar, hewan/manusia.

Masa inkubasi penyakit antara 2-6 hari. Pada umumnya terjadi demam tinggi 41o-42oC, hyperemia, nafsu makan menurun, lesu, diare, gemetar, terjadi kelumpuhan, bercak merah kebiruan pada kulit dibagian dada dan telinga. Angka kesakitan amat tinggi dan pada anak babi yang masih menyusui presentase kematiannya tinggi 90-95%.

Penanggulangan hog cholera pada babi biasa dilakukan dengan cara vaksinasi baik aktif dan inaktif. Anak babi dan induk yang belum divaksinasi bisa divaksinasi umum 2 minggu. Anak babi dan induk yang divaksin dan mendapat kolostrum terlindungi sampai umur 6 minggu. Induk babi bunting yang divaksin menyebabkan anak menjadi carrier. Vaksinasi paling aman yaitu induk divaksin 2 minggu sebelum kawin.

“Vaksinasi Hog Cholera dilaksanakan untuk mencegah timbulnya penyakit pada ternak babi, karena penyakit ini dapat menyebabkan kematian yang menimbulkan kerugian bagi peternak maupun usaha peternakan babi”, Kata Ir. Heskie Mamahit, Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan. Upaya untuk meningkatkan pendapatan peternak adalah dengan meningkatkan pemeliharaan yang baik dengan memperhatikan kesehatan hewan melalui vaksinasi.

Kepala Dinas Ir. Nolfie Dj. Talumewo, mengatakan bahwa salah satu program kegiatan Dinas Pertanian Kelautan dan Perikanan Kota Manado yaitu pencegahan dan penanggulangan penyakit hewan menular. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan peternak.

Melalui APBD Kota Manado dan bantuan dari Dinas Pertanian dan Peternakan Provinsi Daerah Sulawesi Utara telah menyiapkan vaksin Hog Cholera dalam rangka pencegahan penyakit Hog Cholera melalui vaksinasi terhadap ternak babi milik peternak dan usaha peternakan.

Pihak dinas juga menyiapkan tenaga vaksinator dalam pelaksanaan vaksinasi tersebut. Kegiatan vaksinasi hog cholera yang dilaksanakan sampai saat ini sebanyak 5.500 ekor babi dari kurang lebih 6.000 ekor babi yang ada dikota manado dengan target pada tahun ini akan divaksin sebanyak 6.000 ekor.

 

 

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *