Pendataan Barang/Pemeriksaan Aset Fisik dan Data

Konsultan barang bersama dengan pengurus barang dan Simda barang.

Pendataan/pemeriksaan barang dilaksanakan di beberapa tempat yakni Kantor Dinas Pertanian, Kelautan dan Perikanan (DPKP), Rumah Potong Hewan (RPH), Rumah Potong Unggas (RPU), Tempat Pelelangan Ikan (TPI) dan Kelompok-kelompok tani penerima bantuan.

Pemeriksaan barang berlangsung satu bulan yaitu pada bulan Oktober 2018.

Konsultan barang Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) melakukan pemeriksaan barang dan pendataan aset barang yang ada dalam Kartu Inventaris Barang (KIB) A sampai KIB F termasuk aset lain-lain. Dilengkapi dengan foto barang agar aset terkontrol dan data menjadi tertib dan akurat.

Data yang diberikan ke konsultan barang BPK sejak tahun 2008 sampai 2018, kemudian barang-barang yang ada dicek satu demi satu dan dibuat dokumentasi serta dilaporkan kondisi barang sampai pada saat itu. Konsultan barang memberikan laporan ke kepala dinas dan di tanda tangani oleh pengurus barang dan petugas konsultan barang.

“Pemeriksaan barang seperti ini oleh konsultan barang BPK hendaknya terus di tingkatkan agar penataan barang atau aset akan semakin baik sehingga aset terkontrol dan tertata sesuai aturan yang ada”. ungkap sekretaris Dinas PKP Ir. Abram J. Dopong

Ir, Nolfie Dj. Talumewo sebagai kepala Dinas PKP mengatakan bahwa “Pemeriksaan barang ini sangat penting guna mengetahui semua keberadaan aset Pemerintah Kota Manado yang ada di dinas Pertanian Kelautan dan Perikanan”. Selain itu tentunya dapat diketahui aset-aset yang sudah rusak berat, rusak ringan dan yang masih baik di gunakan.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *