DPKP Melakukan Penilaian Dan Pengukuhan Kelompok pengolah Ikan “Ameyuki”

Penilaian dan pengukuhan kelompok Pengolah Ikan “Ameyuki” yang menghadirkan Dinas Pertanian Kelautan Dan Perikanan,Pemerintah Kelurahan Paal 2, Penyuluh Perikanan serta Pengurus dan anggota kelompok dan pemasar ikan “Ameyuki” yang terdiri dari 10 orang.

Kegiatan pengukuhan kelompok pengolah ikan “Ameyuki” bertempat di Kelurahan Paal 2 Kota Manado, pada Senin, 26 November 2018.

Pengukuhan kelompok yang sudah dibentuk, sebagaimana KEPMENKP No. 14 Tahun 2012 tentang penumbuhan dan pengembangan kelompok perikanan, harus dinilai dan dikukuhkan agar mendapat pengakuan dari Pemerintah. Kelompok pengolahan ikan ini tergolong dalam skala usaha industri rumah tangga, untuk itu adanya keterbatasan sumberdaya memerlukan pengaturan yang dapat mengoptimalkan permasalahan yang akan dihadapi dalam usaha pengolahan ikan oleh kelompok nelayan yang ada.

Untuk itu perlunya pelaksanaan penilaian yang dilakukan oleh tim penilai dari Dinas Pertanian Kelautan Dan Perikanan Kota Manado. Penilaian dan pengukuhan kelompok  pengolah ikan “Ameyuki”, sebagai kelompok berkemampuan pemula. Pengukuhan kelompok ini, dilakukan oleh pemerintah setempat yaitu Lurah Paal 2 yakni Bapak I Gusti Sudarmadja, S.Kom. Pengukuhan kelompok ini bermaksud sebagai motivasi bagi anggota dalam mengembangkan usahanya, mengingat Kota Manado terdapat potensi sumberdaya perikanan yang sangat baik. Berdasarkan potensi tersebut, upaya dilakukan agar produksi usaha perikanan meningkat dan mempunyai daya guna yaitu melalui usaha pengolahan ikan menjadi produk perikanan ekonomis.

Koordinator  penyuluh perikanan Ir. Christina Kumajas mengatakan “semoga dengan adanya pengukuhan kelompok pengolah ikan ini dapat memotivasi anggota kelompok dalam mengembangkan usahanya, mampu meningkatkan taraf hidup dari anggota kelompok pengolahan ini dan kelompok ini biasa mendapatkan perhatian dari Pemerintah”.

Menurut Ir. Nolfie Dj. Talumewo Kepala Dinas Pertanian Kelautan Dan Perikanan menegaskan bahwa “Kelompok pengolah ikan adalah merupakan wadah kelembagaan yang menjadi tempat berkumpul untuk menyampaikan segala permasalahan yang ada maupun peluang-peluang pasar dan sebagainya yang dapat mensejahterakan kelompok pengolah tersebut”.

Sangat diharapkan juga dengan pengukuhan ini kelompok pengolahan tersebut akan mampu mengembangkan usahanya dan dapat menciptakan lapangan kerja serta memberi manfaat dalam peningkatan pendapatan ekonomi dalam kelompok dan anggotanya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *